Doa ketika tertimpa musibah: Allahumma jurni fii mushiibati wa akhlif lii khoiron minha

Doa ketika tertimpa musibah: Allahumma jurni fii mushiibati wa akhlif lii khoiron minha (HR Muslim)

 

 

 

 

 

 

 

Setiap dari kita cepat atau lambat akan tertimpa musibah, baik kecil maupun besar, karena itulah hidup di dunia. Selalu diwarnai dengan suka dan duka sebagai bagian dari ujian dan cobaan (suka mapun duka adalah ujian dan cobaan).

 

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam telah mengajarkan kepada kita sebuah doa yang luar biasa bagusnya utk kita amalkan manakala kita tertimpa musibah.

 

“Tidaklah seorang mukmin tertimpa musibah lalu ia membaca apa yang telah diperintahkan oleh Allah, INAA LILLAHI WAINNAA ILAIHI RAAJI’UUN ALLAHUMMA`JURNII FII MUSHIIBATI WA AKHLIF LII KHAIRAN MINHAA (Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah. Ya Allah, berilah kami pahala karena mushibah ini dan tukarlah bagiku dengan yang lebih baik daripadanya).’ melainkan Allah menukar baginya dengan yang lebih baik.” ا

 

Ummu Salamah berkata; Ketika Abu Salamah telah meninggal, saya bertanya, “Orang muslim manakan yang lebih baik daripada Abu Salamah? Dia adalah orang-orang yang pertama-tama hijrah kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Kemudian akupun mengucapkan doa tersebut. Maka Allah pun menggantikannya bagiku Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.” Ummu Salamah mengkisahkan; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengutus Hatib bin Abu Balta’ah melamarku untuk beliau sendiri. Maka saya pun menjawab, “Bagaimana mungkin, aku telah mempunyai seorang anak wanita, dan aku sendiri adalah seorang pencemburu.” Selanjutnya beliau pun menjawab: “Adapun anaknya, maka kita do’akan semoga Allah mencukupkan kebutuhannya, dan aku mendo’akan pula semoga Allah menghilangkan rasa cemburunya itu.”

(HR Muslim # 1525 Kitab Jenazah)

 

Ummu Salamah (periwayat hadits ini) telah membuktikan keampuhan doa ini. Ketika suaminya Abu Salamah meninggal dunia dan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam  mengajarkannya doa ini, Ummu Salamah pun langsung berdoa (dengan keyakinan tentunya karena Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam yang mengajarkannya). Benar saja, ALLAH MENGGANTI SUAMINYA DGN  Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam. DAN SIAPAKAH SUAMI YG LEBIH BAIK DIBANDING RASULULLAH shalallahu ‘alaihi wassalam? Ummu Salamah pun menjadi istri nabi.

 

Perlu diketahui, bahwa doa ini BERLAKU UNTUK MUSIBAH APAPUN, bukan hanya ditinggal mati pasangan hidup saja. Karena kalimat : “jika seorang Muslim ditimpa musibah…”. Tidak disebutkan musibah apa/tertentu. Karenanya karena tidak ada pengkhususan, maka dalil ini tetap berlaku umum. Allahu’alam bissawab.

 

 

(Visited 6,734 times, 12 visits today)

Related posts: