Masjid Jami Darussalam, Bukittinggi

Masjid Jami Darussalam, Bukittinggi, 2006. Tampak belakang. Photography: Fadil Aziz / Alcibbum Photography

 

Ada masjid indah di tepi jalan sebelum kita memasuki kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Persis di belokan menuju desa pengrajin songket Pandai Sikek. Sebelah kiri dari arah kota Padang Panjang.

 

Keindahan masjid ini berasal dari (dua buah) kolam besar yang mengitarinya. Kemudian arsitektur masjidnya yang khas pedalaman Sumatera Barat: menara-menara kecil dengan jendela-jendela dan kubah induk yang tidak terlalu besar. Jendela kaca juga nyaris mengitari seluruh bangunannya, sehingga pemandangan kolam dan alam sekitar dapat dilihat dari dalam.

 

Masjid Jami Darussalam, Bukittinggi

Masjid Jami Darussalam, Bukittinggi, 2006. Tampak depan. Foto: Fadil Aziz / Alcibbum Photography

 

Saking indahnya masjid ini, fotonya pernah dimuat di buku Periplus Adventure Guide: SUMATRA. Namun dari waktu ke waktu terjadi pengecilan kolam yang dialihkan untuk bangunan lain, seperti TK, TPA. Namun masih tetap indah. Tiga foto pertama kami ambil tahun 2006. Jika melewati daerah ini, bolehlah mampir dan melaksanakan SHALAT BERJAMAAH. Sungguh, pahala shalat berjamaah itu sangat besar, 25 – 27 kali lipat shalat sendirian. Jika dua kali lipat saja sudah sangat banyak, bagaimana dengan 25 – 27 kali lipat?

 

Masjid Jami Darussalam, Bukittinggi

Masjid Jami Darussalam, Bukittinggi, 2006. Tampak depan.
Foto: Fadil Aziz / Alcibbum Photography

Masjid Jami Darussalam, Bukittinggi, 2016. Tampak belakang. Foto: Fadil Aziz / Alcibbum Photography

Masjid Jami Darussalam, Bukittinggi, 2016. Tampak belakang.
Foto: Fadil Aziz / Alcibbum Photography

(Visited 488 times, 1 visits today)

Related posts: